browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Si Tukik Kecil Yang Pemberani

Posted by on April 30, 2014

Teman kecil yang saya temui di Pantai Sukamade, Banyuwangi.

Perjalanan cukup ekstrem melewati Taman Nasional Merubetiri dengan moda transportasi trooper membawa saya pada pertemuan singkat dengan tukik ini. Perkenalkan, si tukik kecil yang terlihat begitu bersemangat dilepas meski saya bisa merasakan ketakutannya.

Ketakutan akan si elang yang sedari tadi terbang rendah seraya memantau pergerakan kami. Be brave, tukik kecil. Kamu pasti bisa. Biarkan elang mengincarmu, tapi jangan biarkan ia menangkapmu. Kehidupanmu indah di depan sana. Kemungkinan besar kamu akan tiba di Australia. Iya, negara lain bahkan benua lain. Tidak, tidak perlu paspor. Cukup menjadi dirimu saja.

Saat di tengah perjalanan nanti kamu merasa sendiri dan tidak menemukan siapapun di dekatmu, jangan gentar. Lanjutkan perjalananmu, keep the faith. Tuhan bersamamu, itu pasti. Doa saya pun akan menyertaimu. Doa saya untuk kamu dan teman-temanmu.

Dan ia pun pergi, berjejak. Meski seketika jejaknya pun hilang, terhapus ombak kecil di bibir pantai. Kasat mata, jejak mereka yang pergi memang tak terlihat. Seakan hilang tak berbekas. Tapi siapa sangka jejak itu melekat di ingatan dan tak mau pergi.

Pergilah tukik kecil, pergi. Sampaikan salam saya pada siapapun yang kamu temui di sepanjang perjalananmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *